Sabtu, 29 November 2014

Jenis Makanan Kolesterol Tinggi

Kolesterol merupakan salah satu unsur lemak yang mempunyai fungsi penting dan diperlukan dalam berabgai proses metabolisme tubuh, seperti untuk bahan pembentuk dinding sel dan pembentukan hormon. Namun, akan menjadi masalah jika kadarnya berlebihan, terutama kolesterol jahat (LDL) sehingga menyebabkan penumpukan lemak yang lambat laun mengeras dan menyumbat pembuluh darah arteri (arterokleerosis) yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit jantung koroner dan stroke.

Penyebab .
Pola makan yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi, misalnya kuning telur, otak-otak, jeroan hewan, margarin, mentega, daging berlemak, cumi-cumi dan santan. Kolesterol juga cenderung meningkat karena kegemukan, kurang olahraga, stress dan perokok berat. Kesemua itu merupakan penyebab dari kolesterol dari banyaknya kasus yang ditemukan, makanan yang tidak sehat merupakan faktor utama dari penyebab kolesterol. 


Jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi
Pada umumnya, makanan yang banyak mengandung lemak juga mengandung kolesterol. Bagi penderita kolesterol tinggi harus mengurangi asupan lemak jenuh dan makanan yang mengandung kalori tinggi seperti kue tar, es krim, dan gorengan. Selain itu, penderita kolesterol tinggi harus menghindari jenis makanan rendah lemak namun tinggi kolesterol, seperti kuning telor, otak-otak dan jeroan.

Mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak serat terutama pada sayur dan buah serta beberapa jenis serat lain seperti havermouth juga baik bagi penderita kolesterol tinggi.

Untuk menurunkan kolesterol, bisa mengkonsumsi vitamin E, C dan berbagai zat lain seperti niasin, dan lesitin yang terkandung dalam beras, kedelai, gandum, kacang-kacangan dan bawang putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar