Rabu, 10 Desember 2014

Makna Natal, Belajar untuk Hidup Lebih Baik.



MAKNA NATAL
Natal adalah hari libur
Natal adalah Hari kelahiran Yesus Kristus
Natal adalah 25 Desember, tanggal yang disepakati para gereja di dunia.

Apa natal perlu setiap tahun dirayakan ? PERLU
Mengapa Natal  harus setiap tahun dirayakan ? Karena ada suatu peringatan akan Kasih Tuhan yang telah menjelma menjadi manusia untuk menebus dosa manusia. Natal adalah Ulang tahun Yesus.
Kalau 25 Desember 2014 Tahun Masehi berarti minimal Tuhan Yesus telah dirayakan ulang tahun-Nya yang ke 2015. Haleluya! Puji Tuhan… Happy Birthday Jesus Christ.

Apa makna Natal bagimu ? BANYAK sesuai tema natal tiap gereja berbeda.
Akan tetapi, seyogianya tahun 2014 ini Natal  ditekankan kepada beberapa hal, yaitu :

11. PERSIAPAN MENYAMBUT TUHAN DATANG KEMBALI (MARANATHA)
Hal ini sangat penting. Iman Kristen percaya pada Janji Tuhan bahwa Tuhan akan datang kedua kalinya ke bumi untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. Jadi, Perlu ada persiapan bagi manusia agar bertobat dan memulikan Tuhan senantiasa.

Sedikit Kronologis Pernyataan Tuhan pada Manusia, TRINITY. Tuhan pertama kali menyatakan diri-Nya kepada Manusia sebagai YAHWA, TUHAN ALLAH, dalam seluruh kitab Perjanjian Lama. Manusia yang bisa berkomunikasi dengan-Nya hanya Nabi saja. Tuhan bisa didengar lewat angina sepoi, api di semak belukar, suara gemuruh, dll. Kedua, Tuhan menyatakan diri-Nya sebagai TUHAN YESUS KRISTUS yang menjadi manusia biasa tapi tidak berdosa. Setiap orang yang hidup di zaman-Nya bisa berbicara denganNya, melihat fisik-Nya. Dia lahir dari Roh Kudus, bukan hubungan badan antara pria dan wanita. Yesus Kristus adalah 100% Tuhan dan 100% Manusia. Ketiga kali, Tuhan menyatakan diriNya sebagai Roh Kudus. Penolong yang akan membimbing setiap manusia di dunia ini pada generasi sekarang sampai Tuhan datang kedua Kali kedua.

Adalah hal yang sangat penting bagi manusia saat ini untuk bersiap sedia menyambut kedatangan Tuhan kedua kali. Hidup di dunia ini adalah sementara dan fana. Muliakan Tuhan dengan hidupmu di dunia ini dan kelak terimalah kemuliaan dari Tuhan di Sorga.

Harus diperbanyak Pertobatan. Ajaran Keras untuk bertobat. Memperbaiki Nilai-Nilai moral manusia dan mengembalikan KASIH.

22. KASIH
Makna Natal berbicara tentang Kasih Tuhan pada manusia. Nats Alitab favorit adalah Yohanes 3 : 16 yang berbunyi demikian “Karena Begitu Besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia mengaruniakan anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya tidak binasa dan beroleh hidup yang kekal.
Setiap Natal haruslah berbagi kasih. Setiap organisasi harus memberikan sumbangan kepada orang miskin, para janda, Panti Asuhan dan Panti Jompo karena itulah ibadah yang sejati. Natal tidak berbicara dengan perayaan senang-senang tetapi bermakna berbagi kasih bagi sesame manusia. Biarlah Kasih Natal, damai sejahtera Natal senantiasa bersama kita.

33. SEDERHANA
Hal ini yang sering dilupakan orang Kristen. Banyak acara Natal dirayakan secara mewah, berlebihan dan tidak berdampak apapun buat sesame. Rutinitas natal bukanlah perayaan bahagia sesaat saja, tapi perlu adanya niat meneladani Yesus. Lihatlah, Tuhan lahir di kandang domba bukan di hotel berbintang. Yang terpenting dalam Natal itu adalah berbagi kasih kepada sesama manusia. Itulah yang perlu diedarkan oleh Persatuan gereja Indonesia kepada setiap gereja dalam merayakan Natal. Tapi hal ini tidak boleh digunakan sebagai pencitraan tapi karena ucapan syukur karena Tuhan memberkati kita dan menjadikan kita saluran berkat Tuhan untuk memberkati sesame manusia. Jadi, ibadah dan perayaan natal sebaiknya sederhana saja tapi korban sumbangan kepada sesame itu yang perlu besar. Seandainya setiap gereja bisa mengelola 1 panti asuhan atau 1 panti jompo saja, pasti tidak akan terdapat kesenjangan social masyarakat dan setiap manusia akan beroleh damai sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar