Minggu, 04 Januari 2015

9 Cara Hindari Penyakit Asam Urat

 
asamurat Penyakit asam urat terjadi akibat konsumsi zat purin secara berlebihan. Jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu menyaringnya sehingga membentuk kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Akibatnya kita akan merasak
Gaya hidup urban masa kini membuat pola hidup sehat semakin “sulit” dilakukan jika tidak ada kemauan kuat. Minim gerak, mengkonsumsi makanan berlemak dan kurang tidur menjadi sesuatu yang biasa. Padahal ini sangatlah berbahaya bagi tubuh anda. Salah satu bahaya yang mengintai adalah penyakit asam urat.

 Penyakit ini terjadi akibat konsumsi zat purin secara berlebihan. Jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu menyaringnya sehingga membentuk kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Akibatnya kita akan merasakan nyeri, bengkak dan meradang pada sendi-sendi.

Bagaimana agar kita terhindar dari asam urat ? ...

 1.Batasi konsumsi jeroan. Babat, usus, otak atau hati di rumah makan padang pasti aduhai rasanya. Makanan-makanan ini sangat berpotensi membuat kadar asam urat anda menjadi sangat tinggi. Jika ingin, makanlah makanan ini sebulan sekali dalam porsi yang wajar.
 2.Batasi konsumsi daging merah. Daging sapi, daging kerbau ataupun daging kambing mengandung purin yang tinggi. Meskipun tidak seberbahaya jeroan, jangan terlalu sering mengkonsumsi daging merah. Seminggu sekali masih oke lah. Tentu dalam porsi yang aman.

 3.Batasi makanan kalengan. Sarden atau kornet sebenarnya makanan yang praktis. Namun sering mengkonsumsi makanan ini  akan menaikkan risiko terkena penyakit asam urat. Selain itu, pengawet dalam makanan berkaleng sangatlah berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

 4.Batasi konsumsi buah-buahan tertentu seperti durian dan nanas. Selain itu jus dalam kemasan juga tidak dianjurkan. Lebih baik minum jus dari buah segar.

 5.Jangan berlebihan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, daun singkong atau daun pepaya

 6. Tidak minum minuman beralkohol. Jika memang tidak bisa dihindari, sesekali anda bisa minum segelas ukuran sedang wine atau bir.

 7.Konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, stroberi, pepaya, buah naga atau belimbing wuluh.

 8.Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, tomat atau pisang.

 9. Banyak minum air putih. Minum minimal delapan gelas air putih setiap hari.

 Penulis : Indira Soewarno
 [berbagai sumber]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar