Selasa, 27 Januari 2015

SABOAK/SIWALAN Si Buah Langka Yang Memiliki Banyak Manfaat Sehat


Berbicara mengenai buah, tentu Indonesia memiliki beragam jenis buah salah satunya adalah buah saboak. Buah saboak biasa disebut sebagai buah lontar atau juga buah tal, buah satu ini merupakan jenis tanaman palma. Di Indonesia sendiri buah saboak banyak ditemukan di kawasan pesisir utara Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Bali. Selain rasanya yang segar dan manis, buah saboak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari vivekananda.hubpages.com, inilah beberapa manfaat buah saboak untuk kesehatan.

  • Menyegarkan
Buah saboak adalah buah yang menyegarkan bagi tenggorokan maupun bagi tubuh. Bentuk buahnya yang bening seperti kolang kaling dan dagingnya yang lembut seperti kelapa muda sangat cocok jika buah saboak ini menjadi minuman dikala panas matahari menyengat di siang hari. Selain menyegarkan tubuh, khasiat buah saboak bisa digunakan sebagai isotonic dalam tubuh.


  • Penahan Lapar
Buah saboak merupakan buah yang mengenyangkan, jadi tidak heran jika dengan makan buah saboak ini Anda bisa merasa kenyang dan tahan lapar. Kandungan karbohidrat dalam buah saboak baik untuk pencernaan. Selain itu, buah saboak yang rendah lemak, rendah serat dan rendah protein sangat baik dikonsumsi ketika Anda menjalani program diet.
  • Bantu Perbaiki Fungsi Ginjal
Nira/ tuak yang sering disebut legen dari buah saboak banyak dipercaya mampu membantu fungsi ginjal.  Selain rasanya yang segar, tuak/legen memiliki banyak manfaat bagi tubuh khususnya yang berhubungan dengan daya tahan tubuh dan stamina tubuh.


  • Obat Kulit
Bagian buah saboak yang sudah tua bisa Anda gunakan sebagai obat kulit atau dermatitis. Buah saboak yang segar dan mengenyangkan ternyata tidak hanya bermanfaat bagi tubuh yang dalam saja tetapi juga bagian tubuh bagian luar yakni kulit. Kulit bisa menjadi lebih segar, kelembabannya terjaga dan halus.


Itulah beberapa manfaat dari buah saboak / siwalan. Selain manfaat tersebut, buah saboak juga dipercaya bisa mengobati liver dan mengatasi masalah pernafasan. Bagaimana Ladies, tertarik untuk konsumsi buah saboak ? Rasakan kenikmatan dan kesegarannya, pastikan juga rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar